Membasuh Kaki Ibu Secara Massal, Kwarnas Gerakan Pramuka Ajak Untuk Menghotmati Orang Tua

militer-id.blogspot.COM,.JAKARTA,.(21/12),Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas)dan Ibu-Ibu Kwarnas (IIK) mengadakan kegiatan 'Membasuh Kaki Ibu' secara massal di area Air Mancur Tanan Wiladatija Cibubur Jakarta Timur, Rabu (21/12). Diikuti oleh 500 anak dan 500 ibu dari Pengurus dan staf Kwarnas, Kwarcab se Jabodetabek dan masyarakat umum. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault juga ikut membasuh kaki ibunya dalam kegiatan ini.

Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault menjelaskan, berbagai kegiatan telah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk penguatan karakter, utamanya hormat pada Orangtua, Guru, Pembina Pramuka dan para Pahlawan.

Kegiatan yang dilakukan umumnya bersifat partisipatif, dan tidak selalu ceramah, seperti mengadakan lomba pembuatan konten di medsos, sehingga internet dipenuhi oleh konten-konten positif dari anggota Pramuka. ”Kampanye menghormati orangtua dan guru ini konsisten kita lakukan. Tahun kemarin kita buat lomba foto #ldolakuOrtuku, ketik saja di Google #ldolakuOrtuku akan muncul foto-foto karya anak-anak Pramuka. Ada juga lomba foto #PramukaPancasila.

November kemarin, kita gelar lomba foto #GurukuPahlawanku dan lomba video #PahlawanMenurutSaya, dalam sebulan saja, 235 video terkumpul, semua berbasis internet dan media sosial. Nah di akhir tahun ini kita buat aksi membasuh kaki Ibu kita serentak di Cibubur," ungkap Adhyaksa Dault yang juga Mantan Menpora 2004-2009 ini di Cibubur, Jakarta, Rabu (21/12).

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Penampilan Budi Cilok bersama bandnya. Budi Cilok yang dikenal memiliki suara mirip iwan Fals ini menyanyikan beberapa lagu, diantaranya berjudul ”ibu”. Nampak juga di iokasi acara artis Dina Mariana, Olivia Zalianty, Neno Warisman.

Ketua Panitia Kegiatan ini, Kak Sari Madjid menjelaskan, di Pramuka, biasanya tradisi membasuh Kaki ibu ini dilakukan di Gudep, namun tidak semua Gudep juga. Ini pertama kali dilakukan secara massal oleh Kwarnas Gerakan Pramuka atas inisiatif Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault. "Kegiatan ini tidak hanya di Jakarta, namun juga di daerah-daerah melakukannya juga," kata Kak Sari Madjid yang merupakan aktris senior teater koma ini.

Di lokasi yang sama, Ketua Ibu-Ibu Kwarnas, Mira Adhyaksa mengatakan, kegiatan ”ini mengingatkan kita akan pengorbanan seluruh lbu di indonesia, yang telah mengandung, mengasuh dan mendidik anak-anak Indonesia. ”Membasuh kaki ibu bersama-sama ini bagian dari Gerakan Ibu selamatkan keluarga Indonesia, bagi yang ingin bagi yang berhalangan ke lokasi, dapat melakukannya di rumah masing-masing, lalu masukkan fotonya di media sosial dengan tagar #PramukaSayanglbu," ujar Kak Mira.

Reni Rahma Devianisyah, siswi SMP 1 Cibinong yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan perasaan sedih, terharu dan bahagia setelah membasuh kaki ibunya untuk pertama kalinya. "Saya berharap ibu sehat selalu, rejekinya lancar, saya sayang ibu" kata Reni sambil bercucur air mata. (AD)

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia