Heli Tempur AL AS Siap Dipasang Detektor Antiranjau AN/AES-1 Airborne Laser Mine Detection System

Detektor Antiranjau AN/AES-1
Detektor Antiranjau AN/AES-1 

Satu lagi perangkat tempur detektor antiranjau siap dioperasikan oleh AL Amerika Serikat (AS) menggunakan heli-heli tempurnya. Perangkat detektor ini bisa mengendus ranjau atau bahan peledak lain baik yang berada di dalam maupun permukaan tanah menggunakan sistem sinar laser yang dinamai AN/AES-1 Airborne Laser Mine Detection System (ALMDS). Sebagai wahana pengendus bahan peledak yang diproduksi oleh Nothrop Grumman, ALMDS sudah siap dioperasikan sejak 12 Januari lalu.
Perangkat ALMDS yang canggih ini bisa dipasang pada heli tempur Sikorsy MH-60S Knight Hawk buatan Northrop Grumman. Pengembangannya sendiri membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Dalam operasionalnya, ALMDS yang berfungsi sebagai detektor antiranjau yang bekerja berdasarkan perangkat berupa sensor laser.
Ketika ada ranjau yang terdeksi akan muncul semacam bunyi alarm (Light Detection and Ranging/LiDAR). Berdasar bunyi alarm itu posisi ranjau atau bahan peledak bisa dikunci dan dilumpuhkan. Kawasan yang bisa dijejak oleh ALMDS adalah kawasan pantai untuk melaksanakan operasi pendaratan amfibi dan titik-titik pendaratan pasukan khusus di zona perang lainnya.
Menurut Northrop Grumman, perangkat detektor antiranjau ALMDS bisa menjangkau kawasan yang luas dan bisa mendeteksi adanya ranjau darat dalam waktu cepat. Hasil dari deteksi ranjau itu akan disampaikan ke layar digital komputer yang berada di kokpit heli Sikorsy MH-60S dalam bentuk tayangan gambar tiga dimensi.
Hasil penjejakan itu akan menyuguhkan informasi soal jenis bahan peledak, posisi akuratnya, dan sekaligus teknis untuk melumpuhkannya. Dengan demikian tim penjinak ranjau akan bisa bekerja lebih cepat untuk melakukan pelumpuhan sehingga gerak maju pasukan pendarat juga akan lebih lancar.
Perangkat detektor antiranjau ALMDS memiliki berat 36,5 kg dan dipasang pada bagian eksternal heli Sikorsy MH-60S Knight Hawk yang biasa digunakan untuk menempatkan persenjataan BRU-14. Panjang ALMDS sekitar 2,7 m dan ketika dipasang tidak berpengaruh terhadap komponen-komponen heli Knight Hawk lainnya. Agustinus Winardi
Sumber : http://angkasa.co.id/

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia