KC-46A ‘Pegasus’ Pilih Dua Pangkalan untuk Home Base-nya

KC-46A 'Pegasus'
KC-46A 'Pegasus'

Amerika Serikat (AS) telah memilih Pangkalan Bersama Base McGuire-Dix-Lakehurst di negara bagian New Jersey dan pangkalan Angkatan Udara (AU) Travis di California sebagai rumah bagi generasi terbaru KC-46A, pesawat tanker udara yang diberi namai ‘Pegasus’, demikian dikatakan oleh pejabat Angkatan Udara AS dalam keterangan resminya.
“Dasar dipilihnya kedua pangkalan tersebut sebagai rumah bagi KC-46A dikarenakan keduanya memenuhi semua kebutuhan misi operasional dengan nilai terbaik untuk Angkatan Udara dan mendukung strategi rekapitalisasi tanker kami,” terang Sekretaris Angkatan Udara AS, Deborah Lee James, dalam keterangan resminya, Kamis (12/1/2017).
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) AS, Jenderal David Goldfein, dalam rilis tersebut mengatakan bahwa pesawat tanker KC-46 akan menjadi penting untuk memenuhi kebutuhan pengisian bahan bakar dalam pertempuran melawan ‘Daesh’ (Islamic State/IS).
“Pada 2016, koalisi yang dipimpin AS terbang lebih dari 13.600 sorti pesawat tanker, mengisis bahan bakar pesawat hampir 80.000 kali, mengirim sekitar 800 juta pon bahan bakar,” jelas Goldfein.
Berdasarkan situs resmi Boeing, KC-46 Pegasus merupakan pesawat berbadan lebar, pesawat tanker multiperan yang mampu mengisi bahan bakar untuk seluruh pesawat AS, pesawat sekutu serta pesawat militer koalisi yang kompatibel dengan prosedur pengisian bahan bakar internasional. Pegasus kabarnya akan menggantikan KC-135, pesawat tanker udara yang telah berkontribusi kepada AU AS sejak 1957. Fery Setiawan
Sumber : http://angkasa.co.id/

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia