KSAU: Pembangunan Pangkalan Militer Bakal Menghemat Anggaran TNI

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengamini rencana pembuatan pangkalan militer di pulau terluar di Indonesia. Menurutnya. selain menjaga keamanan dan kedaulatan Indonesia, keberadaan pangkalan militer untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan TNI Angkatan Udara (AU).

"Maka kalau kita buka (bangun pangkalan militer) di sebelah selatan maka sampai 20 persen menghemat fuel (bahan bakar) yang dibakar," ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (20/1).
Mantan Irjen Kementerian Pertahanan (Kemehan) itu menambahkan, saat ini latihan militer hanya terpusat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Lanud Iswahyudi, Jawa Timur.
Dengan demikian, apabila dibuka pangkalan militer di pulau terluar dan wilayah Indonesia lainnya, maka latihan TNI AU tidak lagi terpusat di dua tempat tersebut. "Kebutuhan latihan negara harus kita cukupi seandainya ada kebutuhan latihan," katanya.
Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun pangkalan militer di pulau-pulau terluar di Indonesia.
Menurut Gatot, saat ini pangkalan militer hanya terpusat di pulau-pulau Jawa. Sehingga masih membutuhkan pangkalan militer di pulau-pulau terluar demi menjaga kedaulatan Indonesia. Disebutkannya, pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan di pusat juga harus seimbang dengan pembangunan pangkalan militer di pulau-pulau terluar. (cr2/JPG)
Sumber : http://www.jawapos.com/read/2017/01/20/103753/ksau-pembangunan-pangkalan-militer-bakal-menghemat-anggaran-tni

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia