Rusia Perkenalkan MBT T-90M "Proryv-3"

MBT T-90M "Proryv-3"
MBT T-90M "Proryv-3"

Rusia memperkenalkan versi terbaru dari tank tempur utama (main battle tank - MBT) T-90 yang disebut T-90M "Proryv-3", sebagaimana dilaporkan oleh pakar militer Rusia Alexei Khlopotov.
T-90M "Proryv-3" adalah versi modern dari tank tempur utama Rusia. Tank upgrade tersebut kelak akan menggantikan tank T-90 dan T-90A yang menua yang kini masih dalam kedinasan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.
"Kami memiliki sekitar 400 tank yang mulai berdinas pada awal 2000-an. Sudah hampir 12-15 tahun. Mereka perlu diperbarui. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan masalah modernisasi armada tank, " kata Deputi Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov sebelumnya pada acara pameran RAE-2015 di Nizhny Tagil.
Tank T-90M dipersenjatai meriam smooth bore yang dapat menembakkan tidak hanya peluru meriam tetapi juga peluru kendali. Tank ini dioperasikan oleh tiga awak, yaitu komandan, juru tembak dan pengemudi dan dilengkapi dengan penjejak sasaran otomatis dan fire control computer yang baru. Tank ini ditenagai oleh mesin baru dengan daya maksimum 1.300 hp. Bobot tempurnya sekitar 50 ton dan memiliki ground clearance setinggi 450 mm.
T-90M memiliki armor komposit baru serta dilengkapi dengan explosive reactive armor (ERA) Relikt yang menggantikan ERA Kontakt-5. Tank ini juga dilengkapi dengan side skirt dengan ERA Relikt. Armor ini memberikan perlindungan terhadap hulu ledak tandem dan mengurangi penetrasi amunisi jenis APFSDS lebih dari 50%. Selain itu juga terdapat sistem countermeasure Shtora-1, yang secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena rudal anti-tank lawan dengan pemandu semi-otomatis. Tank dilengkapi dengan perlindungan nuklir-biologi-kimia (NBC) dan sistem pencegah kebakaran otomatis.
Keputusan Kementerian Pertahanan Rusia untuk meng-upgrade tank T-90 model lama bisa ditafsirkan sebagai tanda bahwa meskipun sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa tank T-14 akan menggantikan tank-tank lama Rusia, T-14 tidak akan menggantikan tank era Soviet sebagai andalan kekuatan tank Rusia dalam waktu dekat dan bahwa Angkatan Darat Rusia akan terus mengoperasikan berbagai varian MBT setidaknya hingga dekade berikutnya.
Sumber : http://defence-blog.com/

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia