Babinsa Bangkalan Semangat Turun Ke Sawah Bantu Petani Tanam Padi



militer-id.blogspot.COM,Bangkalan, Kodim 0829/Bangkalan terus berupaya mewujudakn swasembada pangan di Kabupaten Bangkalan, mulai dari penyiapan lahan, pengolahan, pembibitan, penanaman, perawatan dan monitoring kesuburan tanaman hingga panen. Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 01 hingga 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan ditunkan pendampingan petanai, membantu petani menanam padi dengan melakukan pembajakan sawah, Senin (12/12).

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0829-01/Kota Serda Purwanto dan Serda M. Safii melaksanakan pendampingan petani dalam penyiapan lahan sawah dan tanam padi dengan Bapak Sarpan kelompok tani di Desa Kramat Kecamatan Bangkalan.

Untuk Babinsa Koramil 0829-04/Burneh Sertu Dwi melaksanakan pendampingan tanam padi dengan kelompok tani (Pokta) Bapak Sawan di Desa Burneh Kecamatan Burneh, Bangkalan.

Babinsa Koramil 0829-05/Kwanyar Serka Mawi melaksanakan pendampingan petani dalam penyiapan lahan sawah menabur benih dan tanam padi dengan kelompok tani di Desa Petaonan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.

Begitu juga yang dilaksanakan Babinsa Koramil 0829-06/Tanah Merah Serda Eko Safei’i dan Serda Purnomo membantu petani tanam padi dengan sistem Jarwo di Desa Tanah Merah Kecamatan Tanah MerahBangkalan, dengan menggunakan Alsintan modern.

Babinsa Koramil 0829-13/Arosbaya Serda Rusdi membantu petani tanam padi di Dusun Gambiran Desa Lajing Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Untuk Babinsa Koramil 0829-15/Geger Sertu Ahmadi, kopda Aniyanto, Kopda Widodo dan mantri pertanian melaksanakan pendapingan pertanian ke Poktan Bunga Tani II dengan Ketua Poktan H. Tafrawi.

Sedangkan Babinsa Lembung Paseser dari Koramil 0829-16/Sepulu Serda Subandriyo pendampingan PPL dan Petani Pok Tani Rukun Makmur melaksanakan penanaman Padi dg Jarwo seluas ± 0,5 ha.

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto melalui menyampaikan kami perintahkan Koramil hingga Babinsa aktif turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani.

"Saat ini kelompok tani mulai membajak sawah dan lahan mereka didukung pengairan yang lancar, sehingga beberapa wilayah di Bangkalan yang memiliki lahan persawahan, petani melaui menyapkan lahan dan siap ditanami padi," katanya.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2016 di Bangkalan.

Lanjut Dandim mengungkapkan untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan.

"Sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.
 
Tanam padi itu merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia