Babinsa Bersama Tim Upsus Kecamatan Modung Sosialisasi dan Uji Coba Alsintan



militer-id.blogspot.COM,.Bangkalan,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0829-12/Modung Kodim 0829/Bangkalan Serma Madra’i melakukan pendampingan pada petani dalam penyiapan lahan pertanian, tanam, hingga panean hasil tanam. Termasuk dalam pemeliharaan dan pencegahan (Harcegah) serta perawatan, pembersihan dan Perbaikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) maupun pemakaiannya.

Seperti yang dilakukan Serma Madrai bersama Team Upsus dan Kelompok Tani Bina Makmur yang dikeutai Pak Mukmin di Desa Serabi Barat Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan, Rabu (7/12) melaksanakan uji coba dan sosialisasi mesin tanam padi.

Kementerian Pertanian mengembangkan tehnologi pertanian terutama Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk wilayah jajaran Kodim 0829/Bangkalang khususnya Koramil 0829-12/Modung. Alsintan yang kerap digunakan Babinsa, petani dan kelompok tani, diantaranya Traktor, combain harvester (mesin panen padi) dan Transplanter (mesin panen padi).

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto mengatakan, “perkembangan Alsintan menuntut Babinsa terampil mengoperasionalkannya. Babinsa harus memotivasi petani dan kelompok tani agar disiplin menggunakan alsintan dengan memperhatikan cuaca," katanya.

Dandim juga mengingatkan perawatan Alsintan serta ketrampilan mengoperasionalkan. "Keuntungannya, alat modern itu menghemat waktu dan tenaga, tanaman lebih rapih, dengan mesin dan mengurangi ongkos produksi hingga 50%,' ujarnya.

Ditambahkannya, dengan penggunaa Alsintan ini juga memudahkan Babinsa melaksanakan pendampingan pengolahan lahan maupun penanaman.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia