Peringatan Hari Infanteri Tahun 2016 di Korem 174/ATW



militer-id.blogspot.COM,.Merauke – Dalam rangka membangkitkan dan mengobarkan semangat kejuangan para pahlawan yang telah berkorban demi bangsa dan negara, Korem 174/ATW melaksanakan upacara memperingati Hari Korps Infanteri Ke-68 bertempat di lapangan Mako Yonif 755/Yalet, Senin (19/12).

Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Sidharta Wisnu Graha sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut beliau membacakan amanat dari Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Mayor Jenderal TNI Surawahadi yang berisi tentang Prajurit Infanteri harus terus mendekatkan diri dengan rakyat sehingga tujuan dan cita-cita TNI untuk mengkokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ini bisa tetap utuh.

“Saya yakin bahwa kita warga Korps Infanteri telah banyak belajar dari kondisi dimasa lalu dan kondisi saat ini yang sedang kita alami untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan Korps Infanteri yang semakin tangguh, profesional dan modern dalam rangka menghadapi tantangan tugas dimasa yang akan datang, sesuai dengan perintah Bapak Kepala Staf Angkatan Darat, prajurit harus jago tembak, jago perang dan jago beladiri”, ujar Kasrem.

Peringatan HUT Infanteri dilaksanakan setiap tahun guna mengenang kembali peristiwa heroik perlawanan para pejuang menghadapi agresi militer Belanda II pada 19 Desember 1948 di Ambarawa. Pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat kepada angkatan perang RI untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta.

Perintah tersebut selanjutnya ditindak lanjuti dengan pergeseran pasukan dengan melakukan long march kembali ke wilayah masing-masing dan membangun kekuatan untuk melakukan pertempuran gerilya. Bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan tersebut merupakan taktik dan strategi prajurit Infanteri guna melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan.

Dari peristwa tanggal 19 Desember 1948 tersebut TNI mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme dan kepemimpinan dari Panglima Besar Jenderal Sudirman. Untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut, maka TNI AD menetapkan pada tanggal 19 Desember sebagai “Hari Infanteri”.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia