Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 330 Kostrad Amankan 1 Kg Ganja Kering Siap Pakai Di Perbatasan



PORTAL-KOMANDO.COM,.PAPUA,.Untuk menghindari terjadinya penyelundupan barang ilegal di kawasan perbatasan RI-PNG, Danpos Rawa Bustop Satgas Pamtas Yonif Para Raider 330 Kostrad, Lettu Inf Jhonatan Ginting, S.I.P beserta 10 orang anggota melaksanakan kegiatan sweeping di sekitaran pelabuhan Pasar Bustop, Distrik Jair, Kab. Boven Digoel, Papua, pada Kamis 08 Desember 2016

Dimana Pelabuhan Pasar Bustop merupakan tempat transaksi jual beli kebutuhan sembako dan kebutuhan lainnya antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat PNG, dimana masyarakat PNG yang datang dari negaranya ketempat ini menggunakan perahu atau long boat dengan membawa hasil buruan serta berbagai hasil bumi mereka, sehingga di tempat ini rawan terjadi penyelundupan barang-barang ilegal, oleh karena itu Pos TNI yang berada di Bustop sering melaksanakan pemeriksaan barang bawaan masyarakat yang ada disana.

Pada saat pemeriksaan rutin tersebut anggota Pos Rawa Bustop a.n. Serda Trisno Silaban dan Kopda Taupik menemukan barang mencurigakan berupa 1 karung dan setelah dibuka karung tersebut berisi ganja kering seberat 1 Kg.

Lettu Inf Ginting kemudian melaksanakan pemeriksaan kembali disekitaran tempat ditemukan barang tersebut dan mengumpulkan masyarakat yang berada di pelabuhan Pasar Bustop untuk mengecek siapa pemiliknya, setelah dilaksanakan pengecekan tidak ditemukan warga yang mengakui memiliki barang tersebut.

Sebelumnya anggota Satgas mendapatkan informasi dari masyarakat , selanjutnya personil satgas datang untuk melaksanakan sweeping di pelabuhan Pasar Bustop, bahwa ada masyarakat PNG yang datang dengan menggunakan perahu sekitar 3 orang namun orang tersebut tidak diketahui identitasnya/tidak dikenal oleh masyarakat pasar dikarenakan orang-orang tersebut belum pernah datang ke pasar Bustop. Dan setelah penemuan barang ilegal tersebut, Danpos kemudian melaporkan kejadian ini kepada Dansatgas Yonif Para Raider 330 Kostrad, Mayor Inf Kamil Bahren Pasha, S.Sos, M.A. 
 
Lebih lanjut Dansatgas kemudian menyampaikan kepada seluruh jajaran Pos Satgas agar terus melaksanakan kegiatan sweeping , terutama menjelang akhir tahun karena barang-barang ilegal lebih sering masuk ke Indonesia pada saat sekarang ini dan apabila telah mengetahui adanya indikasi yang mencurigakan supaya didalami dan ditindak lanjuti agar diperoleh hasil yang maksimal, “tutur Dansatgas”.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia