PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, KESDAM PATTIMURA MENGGELAR JALAN SANTAI



militer-id.blogspot.COM,
.Ambon, (02/12)- Dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 01 Desember kemarin, Kesdam XVI/Pattimura menggelar jalan santai, bertempat di Lapangan Merdeka, Ambon.

Kegiatan jalan santai ini dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Dr. Zeth Sahuburua, S.H., M.H, dengan melibatkan berbagai instansi antara lain Kodam Pattimura, Polda Maluku, dan instansi kesehatan terkait yang ada di Kota Ambon.

Wagub dalam sambutannya mengatakan, kita harus berupaya dalam pelaksanaan pembangunan di Maluku, terutama pembangunan di bidang kesehatan serta upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-Aids,

Sebagi anak bangsa kota patut prihatin dengan meningkatnya penularan HIV-Aids di Maluku. Sesuai dengan laporan Unaik, terapat 38 juta orang terinveksi HIV Aids di seluruh dunia. Sebanyak 2,5 juta orang terinveksi tiap tahunnya dan sebanyak 1 juta orang lebih telah meninggal karena Aids.

Di Maluku kasus HIV Aids ditemukan pertamakali di Tual pada tahun 1994. Tahun 2006 Maluku sudah termasuk epidemik terkonsesntreasi, artinya pada populasi tertentu seperti pengguna narkoba dengan menggunakan jarum suntik dan pekerja seks komerisal waria dan gay reverensi HIV-Aids sudah mencapai 5%. Tahun 2009 HIV-Aids sudah menyebar ke semua kabupaten kota dan tidak ada satupun kabupaten kota yang bebas dari HIV-Aids. Ini sangat memperhatinkan karena ini akan merusak tatanan kehidupan kita.

Diakhir sambutannya Wagub ingin mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kesadaran pengetahuan tentang HIV-Aids dimana peran serta harmonisasi dari berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi sipil maupun swasta dalam rangka memanggulangi HIV-Aids yang sangat meresahkan ini.

Adapun jarak dilalui kurang lebih 3 km dengan menempuh rute start dari Lapangan Merdeka, Gereja Maranatha, belok kanan, jalan Pattimura lurus belok kanan Polres, belok kanan Waihaong, AY Patty kembali finish di Lapangan Merdeka. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 1500 orang pesera. (AD/Pendam16)

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia