Peringati Hari Juang Kartika Adakan Penghijauan



militer-id.blogspot.COM,.Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen Inf Purnawan Widi Andaru, S.H., yang di Wakili oleh Kasiter Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M., membuka kegiatan Penghijauan dalam memperingati Hari Juang Kartika Korem 171/PVT bertempat di Bukit Korem 171/PVT Jln. Pramuka No.1, Sorong-Papua Barat, Selasa (13/12).

Dalam sambutannya Kasi Ter Korem 171/PVT Kolonel Ali Aminudin, S.E., M.M., menyampaikan bahwa Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya hal ini sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan, termasuk lingkungan di sekitar rumah kita masing-masing.

Tujuan dari Penghijauan adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbs (penyerapan) gas CO2 (carbon dioksida) dan polutan lainnya, mencegah banjir dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan akibat kebakaran dari dampak kekeringan yang berkepanjangan.

Tujuan diatas dikaitkan juga dengan mewujudkan pembangunan Indonesia yang bersih. Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, sehingga harus ada kepedulian yang tinggi dari diri sendiri, dengan mewujudkan kesadaran menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, sangat diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dijadikan sebagai momentum guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah saat ini dan membantu mengatasi permasalahan bangsa yaitu menurunnya sumber daya genetik tanaman hutan.

Kegiatan ini untuk menjadikan lahan hijau di bukit Makorem 171/PVT sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika dan peresapan air hujan. Diharapkan dengan adanya acara penghijauan ini dapat memberikan motivasi dalam membangun kesadaran dan semangat masyarakat yang berada di Kota Sorong dan lebih khusus lagi bagi Prajurit dan PNS Korem 171/PVT, agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan pemeliharaanya.

Turut hadir dalam kegiatan, Para Kasi Korem 171/PVT, Kabalak dan Dankasatdisjan Korem 171/PVT.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Muns

Badas Indonesia